SOAL
1. Sebutkan definisi:
a) distribusi frekwensi
b) frekwensi
2. Sebutkan singkatan dari TDF
3. Gambarkan bentuk umum TDF
4. Pada contoh 1 (list usia),
a) ada berapa banyak data? (n =?)
b) Berapa nilai data terkecil? Dan berapa nilai data terbesar?
c) berapa range (selisih nilai data terbesar dengan data terkecil)?
5. Dari contoh 1 dibangun 3 TDF.
-TDF 1 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 2 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 3 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
6. Sebutkan prinsip pembentukkan Tabel Distribusi Frekuensi
7. Penentuan Banyak Kelas dan Interval Kelas
a) Sebutkan rumus menentukan banyaknya kelas yang ideal
b) Sebutkan rumus menentukan interval kelas yang ideal
8. a) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi ceiling, dan berapa interval kelas idealnya?
b) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi floor, dan berapa interval kelas idealnya?
9. a) Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dari TDF 3
b) b.1. Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) kurang dari (<) pada TDF3
b.2 Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) lebih dari (>) pada TDF3
JAWAB
1. a.) Distribusi Frekuensi : Pengelompokkan data dalam beberapa kelas sehingga ciri-ciri penting data tersebut dapat segera terlihat.
b.) Frekuensi : Banyaknya pemunculan data.
2. TDF adalah Tabel Distribusi Frekuensi.
1. Sebutkan definisi:
a) distribusi frekwensi
b) frekwensi
2. Sebutkan singkatan dari TDF
3. Gambarkan bentuk umum TDF
4. Pada contoh 1 (list usia),
a) ada berapa banyak data? (n =?)
b) Berapa nilai data terkecil? Dan berapa nilai data terbesar?
c) berapa range (selisih nilai data terbesar dengan data terkecil)?
5. Dari contoh 1 dibangun 3 TDF.
-TDF 1 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 2 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 3 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
6. Sebutkan prinsip pembentukkan Tabel Distribusi Frekuensi
7. Penentuan Banyak Kelas dan Interval Kelas
a) Sebutkan rumus menentukan banyaknya kelas yang ideal
b) Sebutkan rumus menentukan interval kelas yang ideal
8. a) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi ceiling, dan berapa interval kelas idealnya?
b) Berapa banyak kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi floor, dan berapa interval kelas idealnya?
9. a) Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dari TDF 3
b) b.1. Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) kurang dari (<) pada TDF3
b.2 Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) lebih dari (>) pada TDF3
JAWAB
1. a.) Distribusi Frekuensi : Pengelompokkan data dalam beberapa kelas sehingga ciri-ciri penting data tersebut dapat segera terlihat.
b.) Frekuensi : Banyaknya pemunculan data.
2. TDF adalah Tabel Distribusi Frekuensi.
3.
Kelas (katergori)
|
Frekuensi ()
|
Kelas ke-1
|
f1
|
Kelas ke-2
|
F2
|
Kelas ke-3
|
f3
|
..
|
..
|
..
|
..
|
..
|
..
|
Kelas ke-k
|
fk
|
Jumlah()
|
n
|
n : banyaknya data
fi : frekuensi pada kelas ke-i
4. a.) n = 50
b.) nilai data terkecil = 16 ; nilai data terbesar = 63
c.) range : 63 - 16= 47
5. a.) TFD 1 = 5 kelas ; interval = 11
b.) TFD 2 = 6 kelas ; interval = 8
c.) TFD 3 = 7 kelas ; interval = 7
6. a.) Tentukan banyaknya kelas Jangan terlalu banyak/sedikit
b.) Tentukan interval/selang kelas Semua data harus bisa dimasukkan dalam kelas-kelas TDF, tidak ada yang tertinggal dan satu data hanya dapat dimasukkan ke dalam satu kelas, tidak terjadi OVERLAPPING.
c.) Sorting data, lazimnya Ascending: mulai dari nilai terkecil (minimal), agar range data diketahui dan Mempermudah penghitungan frekuensi tiap kelas. Range : Selisih nilai terbesar dengan terkecil.
7. a.) Rumus menentukan banyaknya kelas :
Aturan Sturges : pembulatan ke atas atau ke bawah (celling / floor)
k = 1 + 3.322 log n
k = banyak kelas ; n = banyak data
b.) Rumus menentukan interval :
i = r/k i = interval kelas ; k = banyak kelas ; r = range data
8. a.) k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439..
k = 6.6439
dengan ceiling, maka k = 7
b.) i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439...
k = 6.6439
dengan floor, maka k = 6
i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
fi : frekuensi pada kelas ke-i
4. a.) n = 50
b.) nilai data terkecil = 16 ; nilai data terbesar = 63
c.) range : 63 - 16= 47
5. a.) TFD 1 = 5 kelas ; interval = 11
b.) TFD 2 = 6 kelas ; interval = 8
c.) TFD 3 = 7 kelas ; interval = 7
6. a.) Tentukan banyaknya kelas Jangan terlalu banyak/sedikit
b.) Tentukan interval/selang kelas Semua data harus bisa dimasukkan dalam kelas-kelas TDF, tidak ada yang tertinggal dan satu data hanya dapat dimasukkan ke dalam satu kelas, tidak terjadi OVERLAPPING.
c.) Sorting data, lazimnya Ascending: mulai dari nilai terkecil (minimal), agar range data diketahui dan Mempermudah penghitungan frekuensi tiap kelas. Range : Selisih nilai terbesar dengan terkecil.
7. a.) Rumus menentukan banyaknya kelas :
Aturan Sturges : pembulatan ke atas atau ke bawah (celling / floor)
k = 1 + 3.322 log n
k = banyak kelas ; n = banyak data
b.) Rumus menentukan interval :
i = r/k i = interval kelas ; k = banyak kelas ; r = range data
8. a.) k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439..
k = 6.6439
dengan ceiling, maka k = 7
b.) i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
k = 1 + 3.322 log 50
k = 1 + 3.322 (1.6989...)
k = 1 + 5.6439...
k = 6.6439
dengan floor, maka k = 6
i = r/k
i = 47/6
i = 7.8333
i = 8
9.
A.)
kelas
|
Titik tengah kelas
|
frekuensi
|
Frekuensi relatif
|
Frekuensi relatif (%)
|
16-22
|
19
|
9
|
0.18
|
18
|
23-29
|
26
|
12
|
0.24
|
24
|
30-36
|
33
|
7
|
0.14
|
14
|
37-43
|
40
|
15
|
0.3
|
30
|
44-50
|
47
|
2
|
0.04
|
4
|
51-57
|
54
|
3
|
0.06
|
6
|
58-56
|
61
|
2
|
0.06
|
4
|
50
|
1
|
100
|
B.)
kelas
|
Frekuensi kumulatif
|
Kurang dari 16
|
0
|
Kurang dari 23
|
9
|
Kurang dari 30
|
21
|
Kurang dari 37
|
28
|
Kurang dari 44
|
43
|
Kurang dari 51
|
45
|
Kurang dari 58
|
48
|
Kurang dari 65
|
50
|
C.)
kelas
|
Frekuensi kumulatif
|
Lebih dari 15
|
50
|
Lebih dari 22
|
41
|
Lebih dari 29
|
29
|
Lebih dari 36
|
22
|
Lebih dari 43
|
7
|
Lebih dari 50
|
5
|
Lebih dari 57
|
2
|
Lebih dari 64
|
0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar