Senin, 05 Juni 2017

Komunikasi Penting dalam Organisasi

Apabila komunikasi dapat diterapkan dengan baik dalam suatu organisasi baik organisasi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, maupun organisasi perusahaan, maka akan mempersatukan individu-individu yang ada dalam organisasi tersebut.
Berdasarkan sifat komunikasi dan jumlah komunikasi komunikasi dapat digolongkan ke dalam tiga kategori:
1. Komunikasi antar pribadi
Komunikasi ini penerapannya antara pribadi/individu dalam penyampaikan informasi untuk mencapai kesamaan pengertian, sehingga dapat tercapai keinginan bersama. Atau komunikasi individu ini sangat penting agar lawan bicara dapat memahami percakapan yang sedang kita biarakan.
2. Komunikasi kelompok
Komunikasi kelompok bertujuan agar komunikasi menjadi lebih luas. Dalam  menyampaikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak seperti komunikasi antar pribadi tetapi diperlukan komunikasi timbal balik agar komunikasi kelompok berjalan baik dan lancar.
3. Komunikasi massa
Komunikasi massa dilakukan dengan alat, yaitu media massa seperti media cetak dan elektronik.


 sumber: https://naynaimah.wordpress.com/2013/06/19/peran-komunikasi-dalam-organisasi/

Dalam Menghadapi Konflik Perubahan Terhadap Kebijaksanaan Strategis dan Taktis

Meskipun dilatarbelakangi dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tidak menentu, tahun 2013 merupakan tahun yang baik bagi BNI Syariah. Secara keseluruhan, BNI Syariah berhasil memenuhi target yang ditetapkan dan menunjukkan indikator kinerja yang positif, baik dari sisi finansial maupun non finansial. Dari sisi finansial, BNI Syariah berhasil membukukan total aset sebesar Rp14,71 triliun atau tumbuh sebesar 38,17% dari pencapaian tahun sebelumnya. Selain itu pertumbuhan pembiayaan juga meningkat sebesar 47,30% menjadi Rp11,24 triliun dan Dana Pihak Ketiga tumbuh sebesar 27,93% mencapai Rp11,49 triliun. Pencapaian ini menjadi indikator bahwa kepercayaan masyarakat
terhadap BNI Syariah kian meningkat dari tahun ke tahun.



Jelaskan Perubahab Terhadap Strategi dan Taktis pada Perusahaan Strategi perusahaan:
1. Mengembangkan sistem manajeman risiko pasar yang terintegrasi dengan manajemen
treasuri untuk pengelolaan risiko nilai tukar,risiko imbal hasil, dan risiko pergerakan harga.
2. Untuk keperluan internal, dalam rangka monitoring risiko pasar secara harian,BNI Syariah menggunakan metode value at risk dalam mengukur risiko pasar dan menetapkan
limit risiko, sedangkan untuk menilai akurasi metodologi yang digunakan, dilakukan back
testing.

3. Mengoptimalkan implementasi kebijakan market risk limit untuk aktivitas treasuri. Limit
risiko pasar yang diimplementasikan adalah Value-at-Risk (VaR) limit, Capital-at-Risk
(CaR) limitdan Secondary Reserve Ideal (SR Ideal).

4. BNI Syariah telah melakukan perhitungan beban risiko pasar menggunakan model
standar sebagai komponen penghitungan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) yang disyaratkan oleh regulator.
.
5. Mengembangkan dan menyempurnakan sistem pelaporan risiko pasar.





sumber: https://dosen.perbanas.id/strategic-management/

Bidang Struktural dalam Organisasi dimana sering terjadinya konflik

Dalam organisasi klasik ada empat bidang struktural dimana konflik sering terjadi : 

  1. Konflik Hirarkis, yaitu Konfllik antara berbagai tingkatan organisasi. Manajemen menengah mungkin konflik dengan personalia penyelia, Dewan komisaris mungkin konflik dengan manjemen puncak, atau secara umum terjadi konflik manajemen dan para karyawan. 
  2. Konflik Fungsional, yaitu Konflik antara berbagai departemen  fungsional organisasi. Sebagai contoh klasik, konflik antara departemen produksi dan pemasaran dalam satu organisasai perusahaan. 
  3. Konflik lini-staf, yaitu Konflik antara lini dan staf. Hal ini sering merupakan hasil adanya perbedaan-perbedaan yang melekat pada personalia lini dan staf. 
  4. Konflik formal-formal, yaitu Konflik antara organisasai formal dan informal.

One Way Trafic dan Two Way Trafic

1. One Way Traffic: Komunkasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi jika seseorang mengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik (respon) dari orang yang menerimanya secara langsung. Jadi hanya bermaksud memberikan informasi atau menyampaikan perintah dari atasan untuk dikerjakan karyawan.
Contoh : A B
A : Si pengirim berita
B : Si penerima berita
Contoh Lain : Acara berita di televisi merupakan contoh dari komunikasi secara tidak langsung karena kita hanya bisa melihat si pembawa berita dan mendengarkan berita – berita apa saja yang 
dia sampaikan. 
2. Two Way Traffic: Komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain dimana kedua orang tersebut sama-sama aktif dalam memberikan tanggapan. Jadi baik komunikator maupun komunikan sama-sama aktif dalam berinteraksi.
Two way traffic ini biasanya dilakukan di antara sesama teman atau sesama karyawan yang berada dalam tingkatan struktur organisasi yang sama.
Contoh : A B
A : Si pengirim berita dan juga Si penerima Berita
B : Si penerima berita dan juga Si Pengirim berita

ANALISIS ORGANISASI PRAMUKA
Organisasi yang terdiri dari struktur kepempinan guna untuk meminimalisirkan adanya beban fungsi tugas pada satu pihak , maka dibuatnya struktur yaitu pempin organisasi dengan bawahanya.

ONEWAY TRAFFIC/ KOMUNIKASI SATU ARAH
 
  • PEMIMPIN/KETUA ORGANISASI
    Biasanya ketua memberi perintah kepada anggotanya dengan menggunakan komunikasi satu arah / one way traffic , memberikan sebuah informasi/perintah dari ketua untuk anggota dengan tidak mengharapakan balasan/respon. 
  •  BAGIAN HUMAS PADA ORGANISASI
              Biasanya bagian ini bagian yang paling banyak atif dalam komunikasi karena bagian ini berhubungan/berinteraksi langsung pada masyarakat dengan tujuan memperoleh informasi. Untuk menyampaikan informasi tersebut biasanya menggunakan komunikasi satu arah / one way traffic dengan memberi sebuah informasi kepada anggota/ketua/lingkungan tanpa mengharapkan respon. Atau juga dengan menggunakan media media pelengkap seperti memberikan informasi lewat papan mading/sound class

TWO WAY TRAFFIC/KOMUNIKASI DENGAN BEBERAPA ORANG
  1. KETUA ORGANISASI
            Peran ketua sangat berpengaruh dan penting dalam orgaisasi karena tugas nya untuk memberikan pengarahan,informasi dan tanggung jawab dalam suatu rencana yang dibuat. Biasanya sebelum melakukan ativitas seperti acara ketua mengadakan rapat atau diskusi yang dimana terjadinya komunikasi two way traffic karena kegiatan tersebut bukan hanya dengan satu pihak saja tetapi melibatkan banyak pihak untuk mengeluarkan pendapat {respon} . maka dalam hal ini adanya komunikan dan komunikator .
 
 
Sumber :

Strategi Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi

  Kelompok 6: Adam Bagas Iryanto Dian Permatasari Putri Masturina Putri Syafira Winda Tri Lestari Kelas: 3DB01 Matak...