Hubungan Timbal
Balik Antara Organisasi dan Tata Kerja
Tata kerja atau
metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang
tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses
kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a.
Menghindari terjadinya
pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
b.
Menghindari
kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian tujuan
pencapaian tujuan
c.
Menjamin adanya pembagian
kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat
dilukiskanseperti di bawah ini.
a)
Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui
kerja sama antar
manusia;
manusia;
b)
Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan
alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
pengelompokkan kerja sama.
c)
Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan
kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar